Tips mengatasi hp android lemot



Halo sobat kodingme, pada kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi hp android yang lemot. Tentunya bagi pengguna android untuk kebutuhan sehari - hari mempunyai hp lemot sangatlah menjengkelkan bukan. Penyebab hp sobat lemot tentunya mulai dari spesifikasi hp sobat yang kurang menyeimbangi untuk segala aktifitas yang sobat inginkan. Berkembangnya banyak aplikasi yang canggih sekarang yang tentunya sobat selalu ingin mencobanya. Banyak nya aplikasi sobat yang berjalan tentunya akan mempengaruhi performa hp sobat.

Di Indonesia sendiri banyaknya pengguna android sudah tidak usah diragukan lagi, bahkan sekarang mulai dari anak kecil sudah mempunyai hp android itu sendiri. Android itu sendiri adalah sistem operasi yang dibuat oleh google dengan sedemikian rupa sehingga bagi para pengguna lebih mudah untuk mengoperasikannya. Bahkan sekarang hampir semua orang bisa mengoperasikannya, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua pun sekarang bisa mengoperasikan sistem operasi milik google tersebut.

Pada postingan kali ini kodingme akan berbagai sedikit tips bagaimana cara mengatasi hp android sobat yang lola/lemot.

Langkah pertama yang harus sobat perhatikan adalah ;
1. Penuhnya memori internal sobat :  Perlu diperhatikan bahwa penuhnya memori internal tentun akan mempengaruhi kinerja hp sobat. Sebaiknya jika sobat ingin menyimpan file seperti gambar, video, music atau lainnya sebaiknya disimpan di memori eksternal saja.

2. Bersihkan history/cache : Bagi sobat yang tidak tahu apa itu cache , cache adalah history atau bekas dari aplikasi yang anda pakai, misalnya anda browsing menggunakan uc browser tentunya uc tersebut akan memiliki cache/ history jelajah sobat. Tentunya cache tersebut akan pengaruh bagi kinerja hp sobat. Untuk mengatasi hp lemot/lag sebaiknya anda download aplikasi yang berada di playstore untuk membersihkannya atau bisa download clean master di playstore.

3. Terlalu banyak menjalankan aplikasi : Banyaknya aplikasi yang dijalankan secara bersamaan tentunya akan sangat berpengaruh untuk kinerja sobat, sebaiknya buang aplikasi yang sedang tidak terpakai, dengan menggunakan menyentuh tombol recent yang ada di hp sobat. Buang aplikasi yang tidak terpakai atau bisa menguninstall nya saja jika perlu. Semakin sedikit aplikasi sobat maka akan semakin cepat kinerja hp sobat.

4. Terlalu banyak widget : Sebagian besar perempuan tentunya akan menggunakan banyak widget, walau hanya untuk kesan pemanis atau agar hp sobat bisa menjadi lucu. Banyaknya pemakaian widget sangatlah berpengaruh terhadap kinerja android smartphone. Contohnya yaitu menggunakan walpaper live / wallpaper yang bisa bergerak atau mempunyai animasi. Sebaiknya gunakan widget yang penting penting saja contoh, widget cuaca.

5. Update firmware terbaru : Update sistem operasi terbaru dari hp sobat tentunya akan sangat berpengaruh bagi kinerja. Dengan dilakukannya updata maka semua aplikasi sobat akan semakin kompatible dengan os terbaru sobat. Tiap smartphone android sudah memiliki versi vendor sendiri untuk melakukan update, cara update sendiri sangatlah mudah, sobat tinggal ke Setting > (More) > About device > Software update .

Demikian tips dari kodingme untuk sobat, semoga tipsnya dari kodingme diharapkan bisa mengatasi hp sobat yang lemot/lola itu. Terimakasih