Rabu, 08 Juni 2016

Ricky Febrian

Cara flashing asus zenfone 5 yang bootlop dengan adb sideload

Hai sobat kodingme , pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara flashing asus zenfone 5, sebelumnya saya memberikan tutorialnya saya akan sedikit mengulas tentang asus zenfone 5 sendiri, Asus zenfone 5 adalah gadget keluaran asus yang mempunyai spesifikasi cukup memadai untuk melakukan aktifitas sehari - hari. Asus zenfone 5 ini mempunyai ram sebesar 2GB dan memori internal yang berfariasi, ada yang 8GB dan 16GB dengan memori yang besar tentunya si pengguna akan lebih leluasa menggunakannya, dengan dibekali prosesor dual core tentunya sudah cukup bagi asus zenfone 5 untuk melakukan aktifitas seperti gaming.

Cara flashing sendiri yaitu mengembalikan data asus zenfone 5 yang baru, sehingga smartphone ini bisa kembali lagi seperti semula. Penyebab terjadinya bootlop adalah adanya file yang eror/corrupt sehinga asus zenfone 5 ini hanya muncul berhenti sampai stock logo saja, bahkan tidak bisa sampai masuk ke menu home.


Baiklah saya akan membuatkan tutorial nya, pertama bahan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut;

1. Intel Usb Driver Android yang kegunaanya agar asus zenfone 5 kita bisa konek ke pc anda bisa download disini
2. Download ADB Fastbool Tool software untuk proses flashing nantinya sobat bisa download disini
3. Download file recovery/stock room yang sama dengan hp sobat, karena jika tidak sama akan mempengaruhi proses flashing, cara cek firmwarenya yaitu di menu Setelan > About > Software Information , lihat pada build number. Firmwarenya sendiri bisa diambil disini

Langkah - langkah flashing asus zenfone 5;

1. Sobat install dulu Usb Driver Android di pc/laptop sobat, pastikan sudah terinstall dengan benar.
2. Ekstrak ADB Fastboot karena format tersebut masih rar.
3. Untuk memudahkan pada saat flashing nantinya rubah nama firmware tersebut contoh, yang asalnya bernama UL-ASUS T00F-WW-1.14.40.50-user, ubah menjadi "user" tanpa tanda petik.
4. Lalu pindahkan firmware tersebut ke folder ABD Fastboot Toll


5. Langkah selanjutnya yaitu matikan Asus Zenfone 5 Sobat
6. Masuk ke menu " Zenfone Fastboot Mode " caranya yaitu cukup mudah sekali dengan menekan tombol power + volume up secara bersamaan.
7. Kemudian  akan tampil Zenfone pada Fastboot mode, selanjutnya sobat pilih menu recovery
8. Tunggulah hinga muncul logo robot android hijau dengan ada tulisan tidak ada perintah. Kemudian langkah selanjutnua ialah tekan dan tahan tombol volume down lalu lanjutkan dengan tombol volume atas sekali saja maka android akan masuk pada menu "Android System Recovery"
9. Selanjutnya sobat pilih "apply update from adb" jika sudah dalam tahap ini, ikuti tahap selanjutnya 
10. Sekarang hubungkan Asus Zenfone 5 sobat ke komputer/pc 
  •  Selanjutnya buka folder ADB fastboot toll, lalu sobat klik file yang berekstensi bat yaitu file "Open.bat" setelah anda mengetik ini anda akan melihat tambilan Command Prompt
  • Sekarang sudah masuk mode CMD , lalu sobat coba ketikkan "adb devices" (tanpa kutip)
  • Kalau asus zenfone 5 sobat sudah terkoneksi dengan laptop/pc dengan benar maka akan seperti gambar berikut
  • Jika sudah muncul seperti gambar diatas maka langkah selanjutnya ialah sobat ketikkan "adb sideload user.zip"  tanpa tanda kutip ( user.zip ini sendiri merupakan nama firmware sobat tadi yang sudah direname namanya)
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses flashing 100% pastikan benar - benar sucsesfully (jangan cabut kabel USB terlebih dahulu)
  • Jika proses pengiriman firmware sudah selesai, secara otomatis asus zenfone 5 akan melakukan Instalasi sendiri, selanjutnya jika proses instalasi sudah selesai maka Android akan masuk kembali ke mode System Recovery 
  • Selanjutnya sobat tinggal Pilih Reboot Now 
  • Kini asus zenfone 5 sobat telah selesai melakukan proses flashing dan kembali normal seperti semula
Demikian tutorial dari kodingme mengenai flash asus zenfone 5, semoga bisa mengatasi android sobat yang sedang bootlop. Terimakasih